Aplikasi Android


Google Android adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-clickemail marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan jasa iklan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat http://google.com/analytics/ . Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.

Apakah Anda punya blog atau mungkin bagi Anda para pebisnis online apakah Anda punya static website? Jika jawabannya adalah ya, entah itu untuk pemakaian pribadi maupun bisnis, maka Anda perlu Google Analytics. Agar Anda lebih mudah memahami manfaatnya, kami akan memberikan beberapa pertanyaan terkait website Anda yang bisa Anda jawab dengan menggunakan online tools satu ini!
  • Berapa banyak orang yang mengunjungi website saya?
  • Di mana lokasi web visitor saya?
  • Apakah saya memerlukan website yang mobile-friendly?
  • Website apa yang mengarahkan traffic ke website saya?
  • Taktik marketing/ pemasaran seperti apa yang mengarahkan traffic ke website saya?
  • Page mana di website saya yang paling populer?
  • Berapa banyak pengunjung yang sudah saya konversikan menjadi lead atau customer?
  • Dari mana pengunjung saya yang terkonversi berasal?
  • Bagaimana cara meningkatkan kecepatan website saya?
  • Konten blog seperti apa yang paling disukai oleh web visitor saya?
Ada banyak sekali pertanyaan tambahan lainnya yang dapat diajukan dan terjawab oleh penggunaan Google Analytics. Namun beberapa pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang paling penting bagi sebagian besar pengembang website.
Nah, sekarang mari kita lihat bagaimana caranya supaya Anda bisa mendapatkan Google Analytics di website Anda!
Walaupun begitu, sebenarnya tidak ada cara yang benar atau yang salah untuk menyiapkan akun Google Analytics Anda. Keadaan-keadaan yang kami buat dalam daftar di atas hanyalah soal bagaimana Anda sebenarnya ingin mengatur website Anda. Jangan khawatir, Anda selalu bisa mengganti nama akun atau properti Anda di tengah jalan. Perhatikan bahwa Anda tetap tidak bisa memindahkan properti (website) dari satu akun Google Analytics ke akun Google Analytics yang lainnya. Untuk melakukan itu, Anda harus menyiapkan properti baru di bawah akun baru dan kehilangan data historis yang selama ini sudah Anda kumpulkan dari properti aslinya.
Untuk panduan pemula yang lebih lengkap dan mendalam, kami akan menganggap kalau Anda sudah punya satu website dan hanya memerlukan satu tampilan saja (default, beserta semua tampilan data). Maka set-up nantinya akan terlihat seperti berikut!
Pada gambar di bawah ini, Anda akan memiliki opsi/ pilihan untuk mengkonfigurasi di mana tempat data Google Analytics Anda dapat dibagi.